Berita

Inilah Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Cocok Kamu Kunjungi, Dari Gunung Hingga Pantai

Tasikmalaya, onnewsone.com – Tempat wisata di Tasikmalaya menawarkan banyak pesona alam, dari gunung, pantai hingga kampung adat. Jika anda berencana berwisata ke Tasikmalaya, berikut beberapa tempat wisata yang berhasil dirangkum oleh tim OnNewsOne.com untuk dimasukkan dalam daftar liburan anda.

1. Kawah Gunung Galunggung
Tempat wisata di Tasikmalaya yang pertama kali wajib dikunjungi adalah Gunung Galunggung. Gunung ini teletak di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Linggarjati, Kecamatan Sukaratu. Gunung Galunggung amatlah mudah dijangkau. Dari pusat Kota Tasikmalaya, gunung ini hanya berjarak sekitar 17 km saja. Gunung yang menjadi salah satu dari kelompok gunung berapi yang ada di Jawa Barat yang pernah erupsi ini, memiliki beberapa tempat wisata. Salah satu yang kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah kawah dari Gunung Galunggung. Kawah Gunung Galunggung merupakan danau yang berbentuk datar. Agar dapat mencapai kawah tersebut, para wisatawan harus menaiki 620 anak tangga.

2. Wisata Air Cipanas Galunggung
Selain kawah Gunung Galunggung, tempat wisata di Tasikmalaya yang layak dikunjungi dan masih dalam wilayah Gunung Galunggung adalah Wisata Air Cipanas Galunggung. Di Cipanas Galunggung, terdapat beberapa kolam renang yang biasa dipakai untuk berendam. Tidak perlu khawatir, di tempat ini, kolam khusus anak-anak dan orang dewasa dipisahkan. Selain itu, biaya masuk dari tempat wisata ini cukup terjangkau.

3. Objek Wisata Situ Gede

Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini berupa sebuah danau besar, dengan luas 48 hektare. Lokasinya berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Luas Situ Gede sekitar 47 hektar. Di tengahnya terdapat sebuah pulau serta makam keramat yang menurut warga lokal milik dari tokoh Kerajaan Sumedang Larang yang saat itu di bawah kekuasaan Kerajaan Padjajaran. Di Situ Gede, anda dapat mengelilingi pulau dengan jasa sewa perahu yang disediakan oleh warga sekitar.

4. Wisata Kampung Naga
Tempat wisata di Kabupaten Tasikmalaya lainnya yang wajib dimasukkan dalam daftar liburan anda adalah Kampung Naga. Kampung naga adalah desa adat yang dihuni oleh suku sunda dan hingga kini masih memegang adat dan budaya leluhur. Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tepatnya berada pinggiran Sungai Ciwulan dan di antara lembah yang ada di wilayah perbukitan Neglasari. Perbatasan antara Garut dan Tasikmalaya. Jika ingin mengunjungi Kampung Naga dari arah Jakarta, sebaiknya anda melalui jalur Kabupaten Garut. Namun jika sebaliknya, anda dapat melalui Tasikmalaya. Jarak dari Kota Garut menuju Kampung Naga sekitar 26 km, sementara jarak tempuh dari Tasikmalaya sekitar 30 km. Setiba di lokasi, anda harus melewati anak tangga yang berjumlah sekitar 350 sampai 400 buah. Usai melewatinya, anda akan melihat keindahan kampung adat yang hingga kini masih menjaga ketradisionalan yang kuat. Meski jaman semakin canggih, namun masyarakat Kampung Adat Naga hingga kini masih tetap menjaga keaslian budaya mereka.

5. Pantai karang tawulan
Setelah gunung dan kampung adat, tempat wisata di Tasikmalaya berikutnya adalah Pantai Karang Tawulan. Lengkap bukan wisata yang dimiliki oleh Tasikmalaya? Bagaimana tidak, anda dapat menemukan gunung, kampung adat dan juga pantai. Di pantai ini, anda dapat melihat indahnya laut yang dihiasi tebing-tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Sejauh mata memandang, anda akan disuguhkan pemandangan sejumlah karang yang menjulang dan diterpa gelombang laut Pantai Selatan. Pantai Karang Tawulan memiliki ombak yang tinggi. Oleh karena itu tidak cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Namun, meski tak bisa berenang, keindahan pantai ini layak diabadikan dan cocok bagi anda yang sedang liburan ke Tasikmalaya dan ingin menikmati suasana pantai. Lokasi dari Pantai Tawulan berada di perbatasan antara Tasikmalaya dengan Ciamis – Pangandaran. Tepatnya berada di kawasan Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Oleh karena itu, pantai ini dapat diakses dari dua kabupaten, yakni Tasimalaya dan Ciamis. Pantai Karang Tawulan berada tidak jauh dari Pangandaran. Jarak pantai ini dari Pangandaran hanya sekitar 1.5 jam saja. Sementara dari Kota Tasikmalaya, pantai ini berjarak sekitar 90 kilometer

6. Kebun Teh Taraju
Tempat wisata di Tasikmalaya memiliki keindahan alam yang sangat memukau, mulai dari gunung, pantai hingga kebun teh. Ya… di Kabupaten Tasikmalaya ada satu wisata yang menyatu dengan alam pedesaan, namanya Wisata Kebun Teh Taraju. Tempat wisata yang satu ini menawarkan kebun teh serta wisata edukasi dan budaya. Di tempat ini, anda dapat menyaksikan langsung kearifan lokal penduduk desa yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Lokasi ini terletak di Jl. Raya Taraju, Deudeul, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang dapat anda jadikan sebagai tujuan dari liburan anda.
Saat berlibur jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan anda dan keluarga ya. (Tim)