Berita

Dampak Hujan Deras, Bencana Alam Terjadi di 6 Titik di Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya, OnNewsOne.com – Pusat Pengendalian Operasi Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya, merilis sejumlah bencana yang terjadi pada, Rabu (20/04/2022). Bencana alam berupa longsor, banjir dan pohon tumbang terjadi di 6 titik di Kota Tasikmalaya.

Kepala BPBD dan Damkar Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, sejumlah bencana alam yang terjadi sejak sore hingga malam itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah Kota Tasikmalaya sejak sore hari. Bencana yang terjadi beragam, dari mulai pohon tumbang, banjir hingga longsor.

“Kejadian pertama, rumah tertimpa pohon di Kampung Cipasung, Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari dan longsor di Kampung Sangkali, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari. Kemudian bencana longsor di Bantarsari, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari dan banjir di Cipajaran, Kelurajan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari. Kemudian pohon tumbang menimpa 2 rumah di Sindangsari, Kelurahan Sumelap, Kecamatan Tamansari serta longsor di Malingping, Kelurahan Tamanjaya dan Kecamatan Tamansari,” kata Ucu Anwar, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (20/04/2022) malam.

Menurut Ucu Anwar, pascaadanya laporan dari masyarakat terkait adanya informasi bencana, pihaknya langsung melakukan assesment. Saat ini, proses assesment masih berlangsung dan ada sebagian yang sudah ditangani.

“Ada 6 bencana alam. Intinya ada yang masih assesment dan ada yang sudah ditanggulangi,” ucapnya.

Ucu Anwar menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun luka dari enam bencana alam yang terjadi. Namun, petugas piket Pusdalops BPBD tetap siaga 24 jam, dikhawatirkan ada laporan kembali dari masyarakat.

“Tak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Bencana alam akibat cuaca ekstrim ini bukan hanya banjir, ada longsor dan ada juga rumah tertimpa pohon,” pungkasnya. (Tim)