Olah Raga

Kejurnas Pacuan Kuda Susi Air Cup Ramaikan Suasana Akhir Pekan Di Pantai Legok Jawa Pangandaran

PANGANDARAN Jawa Barat,OnNewsOne.com
Hari libur akhir pekan minggu ke 4 bulan juni 2022 dipangandaran dimeriahkan oleh kejuaraan nasional pacuan kuda Susi Air Cup yang lokasinya di Pantai Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Dani Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Pangandaran menyebut bahwa, Kejurnas Pacuan Kuda Susi Air Cup 2022 ini diikuti oleh delapan Provinsi se Indonesia, di antaranya DIY, Jabar, Sumbar, NTT, Jawa tengah, sumatra utara, Jawa Timur, serta DKI Jakarta

“Kejurnas ini terbagi 19 Kelas, serta total hadiahnya ratusan juta rupiah, diantaranya Kelas 3 tahun derby 2000 Meter total hadiah Rp 200 juta,” ungkapnya.

Bambang Heru ketua Pordasi Jawa Barat menyebutkan bahwa kejurnas yang dilaksanakan Susi Air menjadikan ajang adalah kekuatan Jabar dalam cabang olahraga pacuan kuda.

“Syukurlah, Jawa Barat kembali sabet juara pertama, Saya harap ini bisa membawa pertanda kemenangan nanti pada PON 2024 di Aceh,” tegasnya.

Sedangksn mantan menteri Susi Pudjiastuti mengatakan, dengan adanya kejurnas pacuan kuda  Susi Air Cup ini diharapkan bisa menghasilkan atlet berkuda daerah di kancah Nasional.

Selain itu, Susi mengatakan  pacuan kuda ini akan diagendakan secara rutin dengan harapan bisa menjadi tujuan wisatawan sebagai destinasi pariwisata, dan ada dampak positif yang bisa dirasakan bagi daerah

“Saya ingin  kuda asal Pangandaran ikut tampil dan menang sebagai juara. Meskipun untuk kancah nasional pemenangnya masih dari Jawa Barat, dan dapat memberikan dampak positif, sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati tontonan kejurnas ini karena lokasinya bersampingan dengan pantai Legok Jawa,” ungkapnya.

Adapun dalam kompetisi Susi Air Cup 2022 ini,  kelas 3 tahun dengan jarak 2000 meter dimenangkan kuda bernama Quen Milano (Jawa Barat) dengan joki Runtu, lalu  juara 2 dimenangkan kuda Darmaraja (Jawa Barat) dengan joki Maleke, selanjutnya  juara 3 dimenangkan Matahariku (Sumatera Barat) dengam joki Herman.

(OnNewsOne.com)