Berita

Pabrik Mie Basah DiTasikmalaya Digerbek, Diduga Memakai Bahan Kimia Jenis Formalin

TASIKMALAYA Jawa Barat, OnNewsOne.com — Pabrik mie basah yang diduga menggunakan formalin di Kawalu Kota Tasikmalaya Jawa Barat, digerbek petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada selasa malam (14/6/2022)

Operasi penindakan terhadap tempat pembuatan dan pengolahan mie basah tersebut berawal dari hasil pengujian di lapangan yang didapatkan dari pasar induk Cikurubuk lalu akhirnya investigasi ke tempat produksinya (pabrik – red)

Saat dalam penggerebekan yang dilakukan Balai Besar POM Bandung, Loka POM Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya tersebut, petugas mendapati barang bukti berupa mie basah hasil produksi  sebanyak 440 Kilogram,begitu keterangan Jajat Setia Permana, Kepala Loka POM Tasikmalaya,kepada para awak media.

Jajat menyebutkan, saat mendatangi TKP pada selasa malam diketahui masih sedang memproduksi, dan didapati barang bukti laiinnya yakni berupa 5 liter cairan formalin, 3 liter air bekas rebusan mie, serta 4 liter minyak kacang.

“Dilokasi, Kita amankan barang bukti dan memintai keterangan dari  pemiliknya, namun terkait hasilnya, Kita masih nunggu” ucap Jajat.

CIRI – CIRI MIE YANG BERFORMALIN

Dikutif dari blog.duniamasak.com , Berikut ini ciri-ciri mie basah yang mengandung formalin:

– Saat disentuh mie terasa sangat kenyal atau liat.

– Selain aroma terigu, biasanya tercium aroma seperti obat. Hal ini tetap tercium baunya meskipun sudah berulang kali dibilas air bahkan direbus.

– Mie sangat liat saat dipotong dengan sendok. Sebab tekstur kenyalnya mirip karet karena yang alami kenyalnya berasal dari gluten tepung terigu.

– Mie tahan disimpan atau dibiarkan dalam suhu ruangan selama 1-2 hari.

– Saat dipegang mie terasa lembut teksturnya.

– Beraroma tepung terigu dan sedikit bau anyir telur.

– Mie mudah sekali putus atau patah karena tidak terlalu liat. Tekstur liatnya dari gluten tepung dan telur ayam.

– Saat direbus airnya agak keruh karena ada tepung terigu dan telur yang ikut terlarut di dalamnya.

– Mie tidak tahan disimpan lama, mudah sekali berjamur terutama jika memakai telur.

– Rasanya gurih, empuk dan lembut karena memakai telur.

Setelah mengetahui ciri-ciri mie yang mengandung formalin dan tidak mengandung formalin seperti di atas, diharapkan masyarakat bisa membedakannya, semoga bermanfaat.

(OnNewsOne.com)