Edukasi

Jalan Jalan Mengenal Keindahan 3 Pantai Selatan Di Priangan Timur Jawa Barat.

OnNewsOne.com — Libur panjang para siswa sekolah  bisa jadi sebagai potensi ramainya tempat-tempat wisata dari para pengunjung baru-baru ini, namun menurut pantauan OnNewsOne.com sementara ini yang dominan adalah pantai.

OnNewsOne.com beserta tim memantau tiga pantai yaitu santolo pameungpeuk, pantai pamayang dan cipatujah lanjut pangandaran, perjalanan dua hari ini mengakumulasi bahwa wilayah wisata yang ramai dikunjungi dalam libur panjang sekolah ini adalah pantai.

Disantolo dan sekitarnya kita pantau ramai, sekitar 3 sampai 6 ribu pengunjung tiap hari selama libur sekolah memadati beberapa tempat wisata disana, seperti pantai santolo, sayang  heulang dan lain sebagainya.

Yang jadi ciri khas pantai pameungpeuk adalah keindahan pantai yang ombaknya tidak pernah rendah, ada hutan pantai dan makan yang bersumber dari laut terutama beragam jenis ikan.

Disana ada kedai menu laut, menyediakan berjenis ikan dan macan-macam menu masakan yang cepat saji, serta permaina pantai seperti banana boot dan jenis lainnya.

Untuk urusan sea food di Pameungpeuk kita nanya -nanya seorang pengelola warung sea food, namanya Jemmy asli warga pameungpeuk, tempat tinggalnya menyatu dengan warung sea foodnya, kata Jemmy pihaknya siap menjamu wisatawan dengan jenis ikan laut dan berbagai masakan yang akan membuat wisatawan ketagihan

” harga di kita ini disesuaikan dengan musim ikan sedang banyak atau sedang paceklik, namun percayalah diwarung sata ini sudah termasuk paling murah” ujarnya.

Kita geser ke pantai cipatujah yang bener-bener tak kalah menariknya terutama pantau pamayang, posisi pantai kita lihat dibawah jalan, dan di tiap bahu jalan tersebut dibangun bale-bale( tempat duduk) sehingga pandangan para pemirsa lepas ke tengah lautan.

Jenis makanan di cipatujah tak jauh beda dengan di pameungpeuk yaitu bermacam-macam makanan yang bersumber dari laut , namun dilokasi ini juga, kita banyak temukan tambak udang jenis panami, hampir sepanjang Ciheras, Cipatujah, sampai batas ujung Pamayang terdapat tambak udang milik masyarakat

Udang panami biasa di panen dalah dalam size tertentu atau size pesanan bandar, seperti size 50 berarti 50 ekor per kg, atau size 20 berarti 20 ekor / kg. Rasa udang ini enak, renyah dan tidak berkulit keras.

Naah dari pamayang Tim OnNewsOne.com bergeser ke Pangandaran, berkendara santai melewati jalan yang berbatasan langsung dengan pesisir pantai hingga tak terasa cuman 20menit saja kita sudah sampai dipintu kawasan batu hiu

Seperti yang kita tau bahwa nama  pangandaran sudah ada hampir di tiap telinga touris lokal dan luar negeri, semua tau Pangandaran, ciri khas pantai ini adalah ombak yang tidak menakutkan, serta banyak macam-macam wahana yang indah untuk di kunjungi.

Pangandaran sekarang makin menata diri, mempetcantik paras demi memanjakan wisatawan, bahkan Pemerintah daerah Pangandaran lewat Pak Bupati Jeje akan menindak tegas setiap penginapan atau hotel yang membuang sembarang limbahnya kepantai.

Demikian pemirsa, OnNewsOne.com dalam petualang.