Opini

Diklatsar KMRT angkatan ke14 : Cegah korupsi kecil, Bisa Berpotensi Mencegah Korupsi Besar

TASIKMALAYA JAWA BARAT – Koalisi Mahasiswa dan Rakyat Tasikmalaya ( KMRT ) merupakan sebuah organisasi kedaerahan yang hanya ada di Tasikmalaya dengan focus kepada persoalan korupsi.
KMRT mempunyai visi yaitu terciptanya tatanan masyarakat yang adil dan beradab berlandaskan nilai – nilai kemanusiaan, hingga diharapkan menjadi sebuah gerakan yang di selimutin gerakan anti korupsi karna untuk mewujudkan sebuah visi tersebut salah satunya nya ialah terbebas nya suatu daerah dari praktek korupsi.

Kemudian kmrt terus konsisten dalam gerakan anti korupsi khususnya di wilayah Tasikmalaya apalagi dalam menjaga eksistensi gerakan tersebut salah satu usahanya ialah selalu melakukan pengkaderan.

Pada tanggal 10-12 maret 2023 KMRT melakukan pengkadern yaitu dengan Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR ) angkatan ke XIV yang di selenggarakan oleh divisi pendidikan dan pengkaderan yang bertempat di aula Desa cipakat dengan tema “OPTIMALISASI NILAI NILAI ANTI KORUPSI UNTUK MENGUATKAN GERAKAN ORGANISASI”.

Kegiatan Diklatsar angkatan ke 14 tersebut di ikiuti oleh 24 peserta yang di dalamnnya terdapat partisipasi dari mahasiswa dan masyarakat Tasikmalaya. Alhamdulillah 24 peserta tersebut dapat bertahan berproses dalam kegiatan diklatsar dari awal sampai akhir sampai prosesi pelantikan keanggotaan.

Mudah mudahan dengan mengyusung tema optimlisasi nilai nilai anti korupsi untuk menguatkan gerakan anti korupsi dapat menjadi salah satu usaha untuk mewujudkan visi organisasi.

Kemudian salah satu yang melatar belakangi tema tersebut ialah karena KMRT ingin melakukan Pendidikan kepada anggota yang seterusnya diharapkan bisa di sosialisasikan kepada masyarakat tentang praktik korupsi kecil yang sudah menjadi kebiasaan buruk dilingkungan masyarakat, korupsi kecil yang kami sebut tersebut adalah mulai dari berbohong, tidak bertanggung jawab dll.

Selanjutnya dengan adanya kader baru, diharapkan sekali bisa menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan bahaya laten korupsi, Karena mulai dari korupsi kecil, dapat menimbulkan praktik korupsi besar seperti suap menyuap, penggelapan dll.

Dan KMRT percaya, bahwa kalau seseorang bisa menjaga dirinya untuk tidak melakukan korupsi kecil, maka hal tersebut dapat mencegah potensi korupsi yang lebih besar

Sumber : KMRT

Penulis : Muhammad Rafi Faza ( Koordinator Divisi Pendidikan Dan Pengkaderan KMRT )