Berita

Kembali Terjadi, Pencurian Uang Modus Ganjal ATM, Uang Ratusan Juta Raib Dalam Hitungan Menit

TASIKMALAYA Jawa Barat,onnewsone.com –
Seorang pria yang tidak ingin ditulis identitasnya menjadi korban pencurian uang modus ganjal mesin ATM dengan kerugian 150 juta di mesin ATM BRI jl Ahmad Yani Kota Tasikmalaya, Senin (10/07/2023).

Dari Informasi yang dihimpun, korban yang saat itu tengah berolahraga pagi menggunakan sepeda berniat mengambil uang ke mesin ATM. Kemudian, kartu ATM korban tersangkut, saat itu korban yang kebingungan didatangi oleh pelaku untuk ditolong.  Saat korban panik, pelaku yang pura – pura menolong itu menanyakan nomor pin ATM korban. Usai mendapatkan pin, pelaku langsung meninggalkan mesin ATM sambil menunggu korban beranjak pulang. Setelah itu, pelaku membongkar mesin ATM untuk mengambil kartu ATM milik korban yang sebelumnya sudah diketahui pinnya.

Korban yang merasa curiga, akhirnya melakukan pengecekan mutasi rekening ke Kantor Bank BRI. Dari hasil mutasi rekening korban, ternyata uang sebanyak Rp150 juta sudah raib digasak pelaku. Dari mutasi terlihat, para pelaku menggasak uang korban menggunakan tarik tunai dan melalui transfer. Uang senilai Rp150 juta itu raib dalam rentan waktu kurang lebih 20 menit.

Setelah kejadian, korban yang enggan ditulis identitasnya itu langsung melapor ke polisi. Petugas kepolisian dari Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memintai keterangan dari sejumlah saksi.

Sementara Menurut Rizal seorang petugas palkir di lokasi itu mengatakan, memang mesin tersebut kerap terjadi pengganjalan mesin ATM. Namun, sebelumnya belum sampai ada yang menjadi korban. Beberapa waktu lalu pun ia sempat mencurigai pelaku, tetapi saat akan ditangkap pelaku melarikan diri.

Dalam menjalankan aksinya, kata Rizal, pelaku memasang plastik mika di mesin ATM menggunakan lem. Hal itulah yang membuat kartu ATM tersangkut dan pelaku beraksi pura – pura menolong korban.

onnewsone.com