Berita

184 Hari Menjelang Pilkada, KPU Melantik 207 Orang Anggota PPS Sekota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, Jawa Barat, onnewsone.com
Dalam tahapan pilkada 2024 KPU Kota Tasikmalaya setelah melantik 50 orang anggota PPK dihotel Santika pada tanggal 16 mei 2024, kini KPU Kota Tasikmalaya kembali mealantik 207 orang anggota PPS dari 69 kelurahan sekota Tasikmalaya di Hotel  Grand Metro Kota Tasikmalaya, Minggu (26/5/2024)

PPK dan PPS akan bertugas sebagai kepanjangan tangan KPU  dari mulai dilantik hingga selesai sampai bulan Januari 2025. Namun, sebelum dilantik anggota PPS terlebih dahulu melakukan tahapan sesi wawancara yang dilaksanakan oleh PPK dan KPU bertempat di Hotel Aston Inn Jalan RE Martadinata, Kota Tasikmalaya, Selasa 21 Mei 2024 lalu.

Sebelum melakukan wawancara, calon anggota PPS juga telah mengikuti tahapan seleksi diantaranya, penelitian administrasi persyaratan, Computer Asist Tes (CAT), setelah dinyatakan lolos para calon anggota PPS tersebut akan menjalani tahapan yaitu sesi wawancara.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Asep.Rismawan, S.I.P dalam sambutannya menyebutkan bahwa petugas PPS atau PPK harus berintregritas, jujur, adil, mandiri dan akuntabel serta meningkatkan partisipasi, karena partisipasi menggambarkan legetimasi pemimpin daerah yang di pilih.

“Betul hari ini KPU melantik 207 orang anggota PPS dari 69 kelurahan sekota Tasikmalaya, dimana tugas mereka sebagai kepanjangan tangan KPU ditingkat kelurahan”,  ujar Asep.

Kt. KPU menjelaskan, Soal partisipasi bukan masalah dapat penghargaan atau apa,  tapi ketika partisipasi tinggi, maka legitimasi yang terpilih untuk wali kota dan gubernur itu menjadi legitimasi yang lebih baik, dibanding dengan partisipasi yang rendah” tutupnya